Rabu, 10 September 2008

Kemampuan Merawat



Rawat sebuah kata kerja yang mempunyai makna bermacam-macam.

Namun dalam hal Perawatan (Maintenance) merupakan sebuah kegiatan yang secara sederhana di gerakkan karena sebuah kecintaan.


Secara tak sadar kegiatan ini berlangsung terus pada kehidupan kita sehari-hari, misalnya saja pada saat kita memiliki sebuah laptop, rasanya akan sangat sayang bila laptop tersebut, tergores, kusam ataupun sampai jatuh dan rusak. tentu alasannya akan banyak, karena mahal, atau karena belum optimal digunakan, atau juga belum dapat mengembalikan uang yang dikeluarkan pada saat membeli laptop tersebut.


Bila kita bicara secara umum di Industri ataupun dalam tatanan managemen, perawatan (Maintenance) merupakan hal yang menjadi faktor penentu dari suatu harga/nilai sebuah produk.


Memang tanpa sadar, kita akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak bila kita melakukan perawatan sangat ketat. atau karena kecintaan maka dengan tidak sungkan kita mengeluarkan kocek di kantung untuk biaya perawatan. Apalagi hal ini lumrah terjadi pada wanita. kesalon untuk perawatan, rambut, wajah, kulit, dan bahakan mungkin tubuh secara keseluruhan. apa tujuannya? untuk terlihat tetap menarik.


Pada seorang pengemar burung perkutut, misalnya. dengan tidak henti-hentinya dia memandikan dan membersihak sang burung, dan kandangnya. memperhatikan makanannya, dan bahkan mungkin lingkungan disekitarnya. untuk apa? jelas agar suara sang burung semakin bagus, dan menarik. yang nantinya akan menjadi sebuah kebanggaan dan menjadi pusat perhatian orang.


Dari dua kata sederhana TETAP dan MENJADI, bila kita kembangkan dalam tataran pengelolaan sebuah birokrasi, tentu akan memberikan dampak yang positif, bila memang akan menjaga (TETAP) hal-hal baik untuk kemudian di kembangkan dan terus berubah untuk meningkatkan kinerja dari sebuah pencapaian.


Namun juga dapat menjadi negatif apabila yang kita jaga merupakan hal-hal buruk, mungkin akan berkembang menjadi lebih buruk contohnya Koropsi (dalam banyak hal, koropsi waktu, uang, informasi dsb)


Bisa kita sedikit berandai-andai, bila seluruh keluarga selalu mengambil peran untuk menjaga (tetap) dan bermimpi untuk menjadikan isi atau perabot rumah menjadi tetap cantik, tanpa harus menghilangkan kegunaan utamanya. maka akan mengdapatkan sebuah keuntungan, salah satunya adalah hemat.

Tidak ada komentar: